STIKI, Malang – Selama tanggal 28 Oktober 2020 – 17 November 2020 LO creative telah usai digelar. Sebanyak ratusan peserta dari berbagai institusi di Indonesia bersaing dalam memperebutkan berbagai kategori kejuaraan di berbagai cabang lomba. Acara kompetisi nasional LO Creative yang diikuti para mahasiswa di Indonesia secara virtual ini memberikan banyak kesan walaupun baru dihelat secara perdana.

Salah satunya tim Muhammad Azrul Hamzah, Vanda fransiska armanda S, dan Sanca faroga yang mengusung sebuah prototype aplikasi bernama ‘Tandur’. Masih berupa prototype, namun desain UI/UX yang diusung tim ini berhasil merebut perhatian dewan juri dan berhasil meraih juara 1 dalam kategori lomba nasional UI/UX.

Tak heran tim ini mampu memboyong piala dari ajang LO creative, karena aplikasi yang dibuatnya pun tidak hanya bermanfaat tapi juga memudahkan masyarakat khususnya para petani di era pandemi. Tandur ini merupakan sebuah konsep aplikasi kolaborasi antara pemilik lahan dengan penyewa lahan, dimasa covid seperti saat ini banyak bermunculan hobi baru yaitu berkebun di rumah. Untuk rumah yang sudah memiliki lahan atau tempat untuk berkebun akan sangat mudah untuk berkebun, bagaimana dengan orang yang tidak punya lahan atau tempat?

“Nah tandur hadir memberikan solusi untuk megatasi masalah tersebut yaitu dengan menyediakan platform sewa lahan perbulan. Fitur dari tandur yang kami rancang ada 4 fitur utama yaitu urban farming untuk sewa lahan dengan ukuran kecil, ground garden untuk sewa lahan dengan ukuran besar, sewakan lahan untuk menyewakan lahan, dan tandur market untuk jual beli produk pertanian.” Tukas Azrul, ketua tim Tandur.

Terinspirasi dari saudara yang ingin memulai menjadi petani tapi tidak memiliki laha, membawa ketiga maahsiswa STIKI Malang ini menjadi juara nasional.

“Harapannya kedepan konsep aplikasi ini bisa di wujudkan dan dapat membantu masyarakat urban” Imbuh Azrul. (Humas/ Irma)