STIKI Malang – Branding merupakan sebuah elemen yang penting bagi perjalanan distribusi barang bagi para pelaku usaha. Namun nampaknya tidak semua pelaku industri kreatif di Malang memahami pentingnya sebuah branding bagi kenaikan produksi penjualan.

Untuk itulah MCF bekerjasama dengan ADGI Chapter Malang menggelar rangkaian acara “Festival Mbois 4”, salah satu diantaranya berupa Workshop dan fasilitasi Branding untuk IKM yang melibatkan seluruh prodi DKV dari 6 kampus di kota Malang pada 4-5 november 2019 lalu. Dalam acara ini para pelaku industri kreatif diberikan tentang dasar-dasar branding dan seberapa penting branding bagi para pelaku insdustri kreatif di Indonesia khususnya IKM di kota Malang.

Beberapa jenis industri seperti kuliner, fashion, dan kriya, sendiri tercatat sebagai subsektor ekonomi kreatif yang memiliki kontribusi paling tinggi terhadap perekonomian nasional Indonesia sejak tahun 2015.

“Sayangnya citra merk yang positif adalah sebuah langkah yang masih banyak diabaikan baik dikarenakan karena ketidak pahaman ataupun kendala-kendala lainnya, padahal melalui strategi Branding yang tepat maka eksistensi industri kreatif akan lebih mampu bersaing baik di pasar lokal maupun global.” Ungkap Dosen STIKI Mahendra Wibawa, S.Sn, M.Pd..

Kegiatan Workshop Branding bagi IKM di Kota Malang ini adalah sebuah usaha untuk membantu memberikan edukasi terhadap para pelaku industri kreatif kota Malang serta fasilitasi perancangan branding yang harapannya akan mampu memberikan perubahan yang nyata atas pola fikir pelaku usaha dan secara praktis mampu membantu memberikan solusi bagi IKM yang terlibat secara langsung.

(Humas/ Irma)