Sebanyak 300 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Malang Raya mengikuti pelatihan di STIKI Malang. Kegiatan dalam rangka realisasi target 8 juta domain UMKM ini merupakan program pemerintah yang digawangi oleh KOMINFO.
Sesuai amanat Presiden Jokowi, para pelaku usaha diharapkan tidak sekedar berjualan manual, tetapi juga secara virtual untuk meningkatkan pendapatan mereka.
Sosialisasi ini dilakukan di 8 kota di Indonesia, salah satunya di STIKI Malang yang menjadi fasilitator dalam pelatihan delapan juta domain UMKM Go online. Setiabudi Sakaria M,Kom, ketua pelenggara workshop mengatakan, STIKI Malang memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk membuat website dan bisa request nama sesuai yang diinginkan.
“Melalui pelatihan ini, pelaku usaha dapat memiliki domain dan posting sendiri dan menjual produknya,” jelasnya
Sementara itu, pihak STIKI juga menggandeng Shopee sebagai marketplace online dengan memberikan pembelajaran membuat website dan cara memasarkan produknya melalui akun yang mereka miliki.
“Kami sangat bersyukur dengan ketelatenan tim dari STIKI untuk memberikan pendampingan dalam mengajari pelaku UKM yang rata-rata kaum hawa dalam pelatihan ini,” ungkap Setiabudi.
Staf Direktorat Pemberdayaan Informatika Mauren Marbun menambahkan, zaman yang serba modern ini, UMKM harus Go Online agar lebih mudah dan cepat dalam mencapai target penjualannya.
”Melalui program ini diharapkan dapat memasang fotografi produk dan menjualnya di toko online,” imbuhnya.
Dalam kegiatan worksop ini, peserta dapat website secara gratis dan bagaimana membuat tampilan semenarik mungkin dan agar penjualan produk yang mereka miliki dapat terjual dengan cepat.
Leave A Comment