STIKI, Malang – Mulai tahun 2021, setiap mahasiswa STIKI Malang sudah bisa menikmati program merdeka belajar. Program baru dibawah naungan kampus merdeka ini, nantinya akan memungkinkan mahasiswa mengambil mata kuliah lain di prodi lain, bahkan di kampus lain. Jadi mahasiswa akan dengan bebas memilih mata kuliah apa saja yang ingin di ambil di hampir semua prodi dan universitas di Indonesia.

Selain itu mahasiswa juga bisa mengambil magang di sebuah industri dan akan diakuisisi dalam mata kuliah khusus. Program kampus merdeka ini memungkinkan mahasiswa untuk diijinkan memiliki hak belajar sesuai dengan minatnya masing-masing di luar jurusan.

“Boleh juga mahasiswa belajar pada mitra instrtusi dan juga industri.” Tukas Dr. Eva Handriyantini, S.Kom., M.MT, ketua STIKI Malang.

Jika beberapa waktu lalu STIKI Malang masih mempersiapkan mekanisme dan segala keperluan lain, semester depan dipastikan semua mahasiswa bisa mulai menikmati program ini. STIKI Malang sendiri sudah menjajaki kerjasama kampus merdeka dengan beberapa kampus lain seperti Universitas Islam Negeri Malang ((UNISMA), Universitas Muhammadiyah Jember, dan Universitas Merdeka Malang (UNMER).

“Untuk mata kuliah ada beberapa yang sudah bisa diambil. Nanti mekanismenya mahasiswa bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk selanjutnya kita seleksi. Setelah itu mereka bisa langsung melakukan program, setelahnya kami akan melakukan evaluasi, penilaian dan konversi nilai.” papar tim program kampus merdeka, Chaulina Alfianti Oktavia, S.Kom, M.T.

Dengan terselenggaranya program ini, STIKI Malang berharap bisa memberikan pendidikan yang paling optimal untuk para mahasiswa STIKI Malang. Selain itu melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mendapat banyak ilmu dan wawasan, namun juga mampu melihat lingkungan sekitar dan beradaptasi dengan dunia baru. (Humas/ Irma)