STIKI, Malang – Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk memulihkan perekonomian pasca pandemi, diantaranya adalah dengan menggenjot kembali berbagai sektor andalan tak terkecuali sektor pariwisata. Banyak pelaku usaha yang berbondong bondong membuat berbagai promosi menarik untuk menarik minat wisatawan.

Untuk mendukung hal ini, para dosen STIKI Malang mencoba untuk membuat terobosan lain sebagai upaya mendongkrak sektor pariwisata di Malang raya yang sempat lesu. Berkolaborasi dengan PT. Link Apisindo Media (Profil Image Studio), aplikasi ‘Malang Virtual’ merupakan aplikasi untuk mengenalkan berbagai potensi wisata yang bisa dikunjungi masyarakat yang disajikan dengan gaya interface social media.

“Malang creative virtual ini kami harapkan bisa mengkolaborasikan antara pelaku kreatif apps dan games dengan pelaku pariwisata dan industri lainnya. Saling bersinergi untuk menghadapi situasi pasca pandemi.” Tukas Ketua Tim, Saiful Yahya, S.Sn, M.T.

Aplikasi ini menghubungkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi-lokasi wisata dengan para wisatawan yang telah atau sedang melakukan wisata ke tempat yang dituju. Mereka juga dapat berinteraksi dengan aplikasi chat yang tersedia, bahkan mereka juga bisa melihat secara langsung tempat wisata yang dikunjungi.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen STIKI Malang ini membuktikan komitmen STIKI untuk terus menerapkan tri darma perguruan tinggi. Selain itu, STIKI Malang juga ingin terus berkontribusi demi kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat Malang.